Senin, 23 Januari 2017

Yogyakarta

Bagiku sebuah pengalaman itu bisa ditemukan kapan saja dan dimana saja. Aku menemukan hal yang berbada disana.
Singkat cerita,
Aku mengikut salah satu program pemerintah yang memutuskan untuk aku tinggal dan kuliah disana. Disalah satu universitas swasta di Yogyakarta. Aku tinggal di salah satu perumahan di daerah Giwangan. Aku bersama-sama teman-temanku hidup mandiri disana, hidup tanpa orang tua dan saudara, hidup dengan uang pas-pasan yang harus menghidupi kami selama 5 minggu lamanya.
Minggu pertama, minggu yang sangat sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman baru. Dan aku ga bisa bahasa jawa-_- padahal ibuku orang jawa. Untungnya ada temanku yang bisa bahasa jawa. Jadi mau makan, mau beli barang-barang kebutuhan bisalah nawar-nawar dikit lumayan turun seribu rupiah untuk anak kos mah wkwk. Aku bersama Intan, Dian, dan Raudia tinggal sekamar. Minggu pertama masih makan enak, masih ngikutin mood mau makan apa aja dan dimana aja, belom mikir panjang. Minggu pertama juga masih gabut dikosan yang kerjannya makan tidur doang. Kita berempat sama-sama baru bertama kali ngerasain ngekost, ya jauh dari ketek emak. Yang namaya nyuci baju sendiri, yang ada jadwal piket dikosan untuk bersihin rumah, masak sendiri dan apapun itu dilakuin sendiri dan kalo cucian kering rasanya seneng bgt haha. Rasanya minggu pertama dilaui lama bgt, suka nangis dikosan gara-gara kangen sama orang tua. Pengen buru-buru pulang rasanya.
Masuk minggu kedua, awal perkuliahan, awal kenal dunia baru, awal kenal teman baru. Dala benakku berkata “gak nyangka sampe sejauh ini, gak nyangka bakalan punya teman baru dikota ini”. Aku berkenalan dengan anak kelas A. Ya, aku salah satu mahasiwa jurusan PGSD tau dong pgsd? Iya Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Masuk kuliah hari pertama bertanya-tanya dalam pikiranku “dosennya enak gak ya, dosennya asik gak ya, anak-anaknya seru-seru gak ya” beribu pertanyaan yang berputar dalam pikiranku. Dan akhirnya aku bertemu dengan sosok teman yaitu mba risna, mba nisa, mba ulfi, mba tia, mas dedi, mas hanif, dan mas ibnu. Wahhhhh mereka adalah salah satu alasan mengapa aku betah disana dan tidak mau meninggalkan kota ini.
Berlaju menuju minggu ketiga, minggu dimana pertemanan kita mulai akrab. Entahlah beruntung bisa kenal dengan mereka, sosok teman yang sangat sulit ditemukan dikota lain mungkin. Aku disana selain belajar juga jalan-jalan mengelilinya kota jogja dari ke alun-alun kidul, pantai siung, pantai parangtritis, candi ratu boko, bukit bintang, kraton, taman sari, hutan pinus, puncak becici, kalibiru, jurang tembelan, bukit panguk kediwung, bukit bego imogiri, museum gunung api merapi, tugu jogja, nol kilometer jogja, sakola dan mungkin ada beberapa tempat yang aku tidak sebutkan karna lupa. Rasanya udah betah disini, gak mau pulang karna udah deket sama mereka. Minggu ketiga ini dimana mulai kritis ekonomi wkwk udah mulai mikirin sisa uang.
Kemudian minggu keempat, dimana benih-benihcinta mulai tumbuh karna baper wkwk. Engga deng canda, kita semua temenan kok. Engga kerasa udah seminggu lagi kita disini yaaa. Kalo abis ngampus gak afdol kalo ga beli es krim. Kita tuh bawel bawel bgt orangnya, apa aja dikomen, hmm terutama aku sih. Kalo diajak jalan kita selalu ngaret bgt, sampe temen-temen kita itu kesel wkwk. Pasti kalau kita gaada nanti, udah gaada yang nyusahin kalian lagi yaa, udah gaada yang jemput kerumah kita, yang pagi-pagi udah standby buat jemput kuliah dan nganterin kita pulang. Selesai kuliah kita maksa buat kalian main kerumah kita, buat nemenin kita ngobrol huhu.
Tidak terasa minggu kelima, sudah datang waktuku untuk segara pulang. Engga kerasa banget, rasanya baru kemaren aku kenalan sama mereka, rasanya baru kemarin aku pergi sama mereka. Masih mau disini lama deh, gak bisa tapi. Pada hari perpisahanku aku menari bersama teman-temanku mempersembahkan tarian badinding disalah satu gedung di yogyakarta. Dan aku bersama teman-temanku memberikan sebuah baju, ya walau tidak mahal semoga mereka suka dengan kenang-kenangan yang kami berikan ini. Rasanya air mata ini seperti bendungan yang pecah, banjir tiada kira. Aku menangis karna aku tidak bisa lagi bersama mereka lagi.

Tidak terasa waktu berjalan, aku dan teman-temanku harus pulang. Sampai ketemu lagi kawanku, sahabatku, saudaraku, kau akan selalu aku rindukan. Kan kau selalu ada dihati dan dimemori aku ini, tidak akan aku lupakan. Semoga waktu mempertemukan kita lagi, see you again, mba dan masku tersayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN KURIKULUM KBK, KTSP DAN K 13 DAN MENGAPLIKASIKAN MENGGUNAKAN MATA PELAJARAN IPA

Nama   : MITA ARIFIAH (1809087069) Jurusan           : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR Mata Kuliah   : Kajian Kurikulum dan Buku Teks Pend...